CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Selasa, 14 Agustus 2012

Peran dan keahlian manajer


Peran dan keahlian manajer

Henry Mintzberg menyimpulkan bahwa peran manajer ada 10 yang kemudian digolongkan menjadi 3 kelompok besar, yaitu :
1. Peran interpersonal
Meliputi peran : a) Kepala figur (bertugas menerima tamu, menghadiri upacara, acara peresmian), b) Pemimpin (untuk merekrut, melatih dan memotivasi karyawan), dan c) Penghubung (sebagai koordinator, penghubung antar orang-kelompok-organisasi).
2. Peran pemberi informasi
Meliputi peran sebagai : a. Pengawas (mencari informasi yang berharga), b. Penyebar informasi (mengirim kembali informasi yang relevan pada orang lain di tempat kerja), c. Juru bicara (memberi informasi orang lain di luar organisasi).
3. Peran pengambil keputusan
Meliputi sebagai : a. Wirausahawan (inisiator sukarela terhadap perubahan), b. Penengah keributan (berkaitan dengan masalah mogok kerja karyawan, pelanggaran hak cipta, masalah dengan hubungan masyarakat), c. Negosiator (berunding dengan kelompok lain sebagai wakil dari perusahaan), d. Pengalokasian sumber daya (memutuskan bagaimana sumber daya didistribusikan dan yang akan bekerja sama).
Untuk memenuhi sejumlah peran manajer juga memerlukan sejumlah keahlian khusus jika mereka ingin berhasil. Keahlian manajemen yang utama ada 7 yaitu :
1. Keahlian teknis : kemampuan menerapkan prosedur, teknik dan pengetahuan khusus untuk selesaikan pekerjaan.
2. Keahlian interpersonal : kemampuan memahami, memotivasi, berkomunikasi dengan individu / kelompok.
3. Keahlian konseptual : kemampuan berpikir abstrak, strategis dan memahami keseluruhan organisasi.
4. Keahlian diagnostik : kemampuan memvisualisasikan jawaban yang paling sesuai untuk kondisi tertentu.
5. Keahlian komunikasi : kemampuan mengirim dan menerima informasi secara efektif.
6. Keahlian mengambil keputusan : mampu mengenali masalah dan mencari pemecahan masalah dengan tepat.
7. Keahlian manajemen waktu : mampu memprioritaskan pekerjaan secara efisien dan mendelegasikan pekerjaan dengan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar