Pengertian Manajemen
Materi mengenai manajemen ini aku dapat semasa mengambil mata kuliah manajemen, kebetulan pengajarnyah Bu Rina Irawati,, orangnya cantik dan baik pastinya. Selamat membaca buat kawan-kawan semua,,,.
Dalam suatu perusahaan, tidak terlepas dari tiga hal berikut yaitu: organisasi, manajemen dan manajer. Ketiga unsur ini sangat berhubungan erat satu sama lain, dimana ketiganya ini dapat menggerakkan kegiatan perusahaan secara keseluruhan. Sebagian orang di dunia ini dilahirkan di rumah sakit (organisasi), dididik di sekolah (organisasi), membeli produk dan jasa dari berbagai bisnis (organisasi), dan banyak perilaku kita yang dipengaruhi oleh organisasi.
Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Tujuan tersebut meliputi bermacam-macam hal seperti: laba, penemuan pengetahuan, pertahanan nasional, badan amal dan kemanusiaan, atau kepuasan sosial. Manajemen adalah pengetahuan dan seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian). Sedangkan manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen diartikan sebagai ilmu dalam artian merupakan akumulasi pengetahuan yang telah disistematisasi dan diorganisasi untuk mencapai kebenaran umum (bersifat rasional, logis, obyektif, sistematis). Sedangkan manajemen sebagai seni maksudnya adalah dalam manajemem membutuhkan keahlian, kemahiran, kemampuan, keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan (membutuhkan intuisi, pengalaman, insting, pandangan pribadi). Seorang manajer di Pertamina, misalnya, menggunakan bakat dari eksekutif dan pekerja pengeboran, laba yang ditanam kembali ke dalam investasi, fasilitas penyulingan dan kantor yang ada, serta peramalan penjualan untuk mengambil keputusan berkenaan dengan jumlah minyak yang akan disuling dan didistribusikan selama kuartal berikutnya. Serupa dengan hal tsb, seorang walikota (manajer) akan menggunakan polisi, dana pemerintah, kantor polisi yang ada dan statistik kejahatan yang terinci untuk meluncurkan program pencegahan kejahatan dalam kota.
Sebagai contoh, ketika Starbucks merencanakan toko pertamanya di New York, riset pasar menunjukkan bahwa penduduk New York lebih menyukai kopi tetes gaya ekspresso yang eksotik. Setelah pada awal memasang banyak mesin pembuat kopi tetes dan sedikit mesin pembuat espresso, manajer harus mengevaluasi kembali ketika penduduk New York antre meminta espresso. Starbucks sekarang menempatkan menu dan tata letak standard di semua tokonya tanpa memandang perbedaan pasar, dan baru kemudian membuat penyesuaian yang diperlukan. Oleh karena itu manajer harus mengkombinasikan elemen intuisi dan pandangan pribadi dengan data mentah dan fakta obyektif.
Setiap organisasi memiliki 4 sumber daya dari lingkungan mereka, yaitu :
1. Sumber daya manusia : meliputi bakat manajerial dan tenaga kerja.
2. Sumber daya finansial : yaitu modal perusahaan untuk mendanai kegiatan operasional.
3. Sumber daya fisik : berkaitan dengan bahan mentah, fasilitas kantor, produksi dan peralatan.
4. Sumber daya informasi : berkaitan dengan data untuk membuat keputusan yang efektif.
Manajemen sangat diperlukan dalam suatu organisasi bisnis agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Manajer terlibat dalam aktivitas mengkombinasikan sumberdaya manusia, finansial, fisik dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Efektif adalah menggunakan sumber daya secara bijaksana dan dengan hemat biaya. Sedangkan efektif adalah membuat keputusan yang tepat dan mengimplementasikan dengan sukses.
Organisasi adalah sekumpulan orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu. Tujuan tersebut meliputi bermacam-macam hal seperti: laba, penemuan pengetahuan, pertahanan nasional, badan amal dan kemanusiaan, atau kepuasan sosial. Manajemen adalah pengetahuan dan seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian). Sedangkan manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengkombinasikan dan mengkoordinasikan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.
Manajemen diartikan sebagai ilmu dalam artian merupakan akumulasi pengetahuan yang telah disistematisasi dan diorganisasi untuk mencapai kebenaran umum (bersifat rasional, logis, obyektif, sistematis). Sedangkan manajemen sebagai seni maksudnya adalah dalam manajemem membutuhkan keahlian, kemahiran, kemampuan, keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan (membutuhkan intuisi, pengalaman, insting, pandangan pribadi). Seorang manajer di Pertamina, misalnya, menggunakan bakat dari eksekutif dan pekerja pengeboran, laba yang ditanam kembali ke dalam investasi, fasilitas penyulingan dan kantor yang ada, serta peramalan penjualan untuk mengambil keputusan berkenaan dengan jumlah minyak yang akan disuling dan didistribusikan selama kuartal berikutnya. Serupa dengan hal tsb, seorang walikota (manajer) akan menggunakan polisi, dana pemerintah, kantor polisi yang ada dan statistik kejahatan yang terinci untuk meluncurkan program pencegahan kejahatan dalam kota.
Sebagai contoh, ketika Starbucks merencanakan toko pertamanya di New York, riset pasar menunjukkan bahwa penduduk New York lebih menyukai kopi tetes gaya ekspresso yang eksotik. Setelah pada awal memasang banyak mesin pembuat kopi tetes dan sedikit mesin pembuat espresso, manajer harus mengevaluasi kembali ketika penduduk New York antre meminta espresso. Starbucks sekarang menempatkan menu dan tata letak standard di semua tokonya tanpa memandang perbedaan pasar, dan baru kemudian membuat penyesuaian yang diperlukan. Oleh karena itu manajer harus mengkombinasikan elemen intuisi dan pandangan pribadi dengan data mentah dan fakta obyektif.
Setiap organisasi memiliki 4 sumber daya dari lingkungan mereka, yaitu :
1. Sumber daya manusia : meliputi bakat manajerial dan tenaga kerja.
2. Sumber daya finansial : yaitu modal perusahaan untuk mendanai kegiatan operasional.
3. Sumber daya fisik : berkaitan dengan bahan mentah, fasilitas kantor, produksi dan peralatan.
4. Sumber daya informasi : berkaitan dengan data untuk membuat keputusan yang efektif.
Manajemen sangat diperlukan dalam suatu organisasi bisnis agar tujuan organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien. Manajer terlibat dalam aktivitas mengkombinasikan sumberdaya manusia, finansial, fisik dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Efektif adalah menggunakan sumber daya secara bijaksana dan dengan hemat biaya. Sedangkan efektif adalah membuat keputusan yang tepat dan mengimplementasikan dengan sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar