CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Kamis, 20 Juni 2013

Wawancara Kerja

ARTI PENTINGNYA WAWANCARA KERJA
Wawancara kerja merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam menyaring jumlah pelamar yang ada.
Berbagai aspek, khususnya kepribadian yang anda tampilkan baik secara verbal maupun nonverbal, bahkan pada saat anda memasuki ruang wawancara akan memperoleh perhatian dari pewawancara. Aspek-aspek kepribadian (Personality aspect) yang akan dinilai antara lain mencangkup :
1. Penampilan anda secara fisik
2. Gerak-gerik dan sopan santun
3. Nada suara (tone voice)
4. Rasa percaya diri
5. Inisiatif
6. Kebijaksanaan
7. Daya tanggap dan kerja sama
8. Ekspresi wajah
9. Kemampuan berkomunikasi
10. Sikap terhadap pekerjaan
11. Selera humor

PERSIAPAN WAWANCARA KERJA
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat akan menghadapi wawancara antara lain sebagai berikut:
1. Hal yang perlu dilakukan yaitu :
- Berdoalah menurut agama dan keyakinan masing-masing
- Datang lebih awal dari yang ditentukan
- Bersikap yakin dan optimis
- Bersikap tenang
Siapkan sertifikat, diploma, surat-surat penghargaan yang dimiliki
- Tersenyumlah secara wajar, tetapi jangan tersenyum terus-menerus
- Berpakaianlah yang rapi dan sopan
Ketuk pintu sebelum memasuki ruang wawancara
- Tunggu sampai anda dipersilahkan duduk, atau minta ijin untuk duduk
- Ingat nama pewawancara dengan baik dan benar
- Tataplah pewawancara pada saat diwawancarai
- Tunjukkan kemampuan diri anda, namun jangan berlebihan
- Perhatikan dan pahami setiap pertanyaan pewawancara dengan baik
- Bicaralah yang tegas dan jelas
- Atur nada suara dengan tepat
- Tunjukkan minat/ketertarikan dan kesungguhan anda terhadap perusahaan
- Bersikaplah jujur dan langsung

2. Hal yang perlu dihindari yaitu :
- Datang terlambat
- Kelihatan kesal karena menunggu lama
- Datang ke wawancara kerja tanpa persiapan atau seadanya
- Berpenampilan berlebihan
- Membawa tas belanja atau sejenisnya dalam ruang wawancara kerja
- Mengajak teman atau keluarga saat wawancara kerja
- Duduk sebelum dipersilahkan
- Meletakkan tas diatas meja wawancara kerja
- Membungkuk, menundukan kepala
- Bertopang dagu
- Melipat tangan dimuka dada
- Merokok atau mengulum permen saat wawancara kerja
- Membuka/memulai percakapan wawancara kerja
- Memotong pembicaraan saat diwawancarai
- Melebih-lebihkan diri
- Membual
- Mengkritik diri sendiri
- Mengkritik atau menjelekkan atasan anda sekarang atau yang lama
- Memberikan informasi yang tidak relevan
- Memberikan kesan bahwa anda sangat membutuhkan pekerjaan
- Bertanya yang sekedar tanya.
- Emosional atau mudah tersinggung
- Menunjukkan kesan tidak sabar.

CARA MENGENALI PEKERJAAN DAN PERUSAHAAN
Wawancara sebagai bentuk komunikasi dua arah (two-way communication), merupakan kesempatan yang baik bagi anda untuk menanyakan secara langsung mengenai pekerjaan dan perusahaan kepada pewawancara.
Berbagai pertanyaan yang dapat anda sampaikan antara lain:
1. Apa tugas dan tanggung jawab pekerjaan yang anda lamar ?
2. Bagaimana kebijakan perusahaan mengenai promosi ?
3. Bagaimana kesempatan untuk berkembang dalam perusahaan ?
4. Apakah tersedia program pelatihan bagi pegawai baru ?
5. Apa yang menjadi produk unggulan perusahaan ?
6. Siapa pesaing utama bagi perusahaan ?
7. Bagaimana pangsa pasar bagi produk-produk yang diproduksi perusahaan ?

PERTANYAAN PENTING DALAM WAWANCARA KERJA
Dalam wawancara, berbagai macam jenis pertanyaan akan ditanyakan kepada anda dan anda harus benar-benar mempersiapkan diri untuk dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan 

berkaitan dengan :
1. Pekerjaan yang dilamar
2. Pendidikan dan pelatihan
3. Latar belakang keluarga
4. Kepribadian
5. Penilaian pribadi anda
6. Tujuan karier
7. Hobi
Dll
Apabila sebelumnya anda pernah bekerja, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan berkaitan dengan :
1. Pimpinan anda
2. Pekerjaan sebelumnya
3. Pergaulan antarsejawat
4. Pendelegasian
5. Pengambilan keputusan 

UCAPAN TERIMA KASIH
Setelah wawancara usai, sudah selayaknya anda menyampaikan suatu penghormatan melalui surat ucapan terima kasih, terutama kepada pewawancara yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukan wawancara dengan anda. Tulislah surat ucapan terima kasih yang sederhana, singkat dan jelas. Berikan kesan yang posistif kepada pewawancara, meskipun kemungkinan diterima sebagai pegawai baru relatif kecil

SURAT PENERIMAAN PEGAWAI DAN SURAT PENERIMAAN KERJA 
Ada 3 (tiga) poin yang perlu diperhatikan dalam menulis surat penerimaan pegawai (menerima tawaran kerja), yaitu :
1. Nyatakan antusias anda terhadap tawaran kerja tersebut.
2. Konfirmasikan kapan anda dapat datang ke bagian personalia
3. tunjukkan antisipasi anda terhadap penerimaan tawaran kerja tersebut.

SURAT PENOLAKAN KERJA
Surat penolakkan kerja (letter declening a job offer) merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja atau mereka yang sudah bekerja tetapi mendapat atau mengharapkan pekerjaan ditempat lain yang lebih menguntungkan, atau yang menjanjikan prospek yang lebih baik daripada pekerjaan yang telah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar