CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Pages

Rabu, 05 Juni 2013

Penulisan Pesan - Pesan Persuasif

Perencanaan Pesan – Pesan Persuasif

Persuasi merupakan suatu usaha mengubah sikap, kepercayaan, atau tindakan audiens untuk mencapai suatu tujuan. Secara sederhana, persuasi yang efektif adalah kemampuan untuk menyampaikan suatu pesan di dalam suatu cara yang membuat audiens (pembaca atau pendengar) merasa mempunyaipilihan dan membuat mereka setuju. Penyampaian pesan – pesan persuasif dapat diterapkan untuk kepentingan internal dan eksternal. 


Analisis Audien
Penyampaian pesan – pesan persuasif yang terbaik adalah dengan cara menghubungkan suatu pesan dengan minat dan hasrat audiens. Untuk mengakomodasikan perbedaan individual, analisis audiens anda dan kemudian susunlah suatu pesan yang dapat menjadi daya tarik bagi kebutuhan mereka. Teori kebutuhan hirarki yang dikemukakan oleh 

Maslow secara lengkap adalah sebagai berikut.

a. Kebutuhan Fisiologis
Adalah kebutuhan untuk mempertahankan hidup dan kehidupan manusia yang
merupakan kebutuhan hidup yang mendasar
b. Kebutuhan Keselamatan dan keamanan 
Adalah kebutuhan akan rasa dan selamat dari segala macam mara bahaya yang menimpa manusia 
c. Kebutuhan sosial
Kebutuhan sosial berkaitan dengan kegiatan kemasyarakatan, bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat.
d. Kebutuhan status
Adalah kebutuhan manusia akan status yang berkaitan dengan pengakuan, penghargaan, kedudukan dan tingkatan sosial di masyarakat 
e. Kebutuhan aktualisasi diri
Adalah bagaimana seseorang mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai kegiatan
yang menumbuhkan suatu kreativitas, inovasi – inovasi baru maupun mampu
menunjukkan sikap kearifan dan kebijaksanaan dalam mengambil suatu keputusan
penting dalam suatu organisasi.

Pertimbangan Perbedaan Budaya
Pemahaman terhadap perbedaan budaya yang ada bukan saja akan membantu dalam memuaskan kebutuhan audiens, tetapi juga akan membantu bagaimana mereka respek terhadap anda.

Memilih Pendekatan Organisasional
Dalam hal ini, kita dapat menggunakan pendekatan organisasional tak langsung dalam menyampaikan pesan – pesan persuasif. Akan tetapi jika audiens adalah objektif, atau jika kita tahu bahwa mereka suka mendengan pesan yang disampaikan secara langsung, maka bisa menggunakan pendekatan operasional langsung 

Mengembangkan Pesan – Pesan Persuasif
Menetapkan Kredibilitas
Kredibilitas ditentukan oleh sejauh mana tingkat kepercayaan dan reliabilitas. Kredibilitas adalah sejauh mana kita dapat dipercaya oleh orang lain. Salah satu cara untuk menumbuhkan kredibilitas seseorang adalah melalui fakta. Semua bentuk dokumen, statistik, jaminan, dan hasil riset merupakan bukti objektif yang dapat mendukung kredibilitas anda.

Kerangka Argumentasi
Ketika kita cukup mengumpulkan berbagai fakta, bukti, dan temuan lainnya, maka kita siap membuat kerangka argumentasi yang diantaranya adalah sebagai berikut.


Perhatian
Adalah fase dimana kita harus meyakinkan audiens segera bahwa kita mempunyai sesuatu yang berguna untuk disampaikan.

Minat
Adalah fase dimana kita menjelaskan relevansi pesan dengan audiens.

Hasrat
Adalah fase dimana kita membuat audiens untuk mengubah keinginannya dengan menjelaskan bagaimana perubahan yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi audiens.

Tindakan
Adalah fase dimana kita menyaraknan tindakan spesifik yang kita inginkan kepada audiens

Memilih Daya Pemikat
Kebanyakan pesan persuasif menggunakan daya pemikat dengan logika dan daya pemikat yang emosional untuk melakukan persuasi audiens.
Untuk dapat menemukan keseimbangan antara keduanya tergantung pada 4 faktor penting yakni tindakan yang kita harapkan, harapan audiens kita, tingkat resistensi yang harus kita hadapi, dan seberapa jauh kita menjual ide atau gagasan tersebut pada audiens.

Pemikat emosional
untuk melakukan sesuatu kepada audiens, kita dapat memanfaatkan emosi yang dilandasi dengan suatu argumentasi atau dalam bentuk simpati kepada audiens selama pemikat emosional sangat kuat.
Pemikat logika
ketika kita memilih pemikat logika, kita dapat menggunakan salah satu dari ketiga jenis alasan berikut.
analogi, adalah menggunakan suatu alasan dari bukti spesifik menuju bukti spesifik.
Induksi, adalah memberikan alasan dari bukti spesifik menuju kesimpulan umum.
Deduksi, adalah pemberian alasan yang bersifat umum dari kesimpulan yang spesifik.

Pertimbangan etika
Pelaku bisnis secara etis menginformasikan kepada para pelanggan baik yang berkaitan dengan manfaat, ide, organisasi, produk, atau tindakan tertentu, sehingga pelanggan dapat mengakui betapa baiknya suatu ide.

Menulis Permintaan Persuasif
Manfaat langsung dari permintaan persuasif meliputi pengurangan kerja seorang supervisor atau memberikan premi kepada seseorang untuk memberikan tanggapan atas survey. Sedangkan manfaat tak langsung adalah peningkatan perbaikan moral karyawan.

Permintaan Persuasif untuk Tindakan
Apabila kita sedang mengajukan surat permintaan peningkatan anggaran atau sesuatu yang menyenangkan, sebaiknya gunakan perencanaan organisasional AIDA untuk merencanakan penulisan pesan – pesan persuasif.

Permintaan dan aduan Persuasif untuk Penyesuaian.
Kebanyakan surat aduan dimulai dengan penyampaian pesan =- pesan rutin, namun Demikian, kita juga dapat menulis surat aduan persuasif denan menambahkan bukti tambahan dan menggunakan teknik yang lebih menarik perhatian pembaca.

Penulisan Pesan Penjualan dan Permohonan Dana.
Ada dua jenis pesan persuasif yakni surat penjualan, dan surat permohonan bantuan dana. Pesan ini meliputi brosur, formulir jawaban, atau surat khusus lainnya.penulisan surat tersebut memerlukan ketrampilan tulis menulis yang cukup tinggi.

Perencanaan Pesan Pesan Penjualan.
Pemahaman yang baik terhadap audiens akan membawa kita pada penyampaian pesan efektif, membantu kita dalam memilih perbendaharaan kata yang tepat, dan membantu memilih manfaat yang utama dalam penyampaian pesan.


Pengorganisasian dan Komposisi Pesan – pesan Penjualan.
Kebanyakan surat penjualan disusun berdasarkan perencanaan organisasional AIDA yang digunakan untuk penulisan pesan persuasif. Ciri – ciri surat tersebut harus mengandung hal – hal berikut.
Menarik perhatian.
Membangun minat
Meningkatkan hasrat
Memotivasi tindakan

Perencanaan Pesan – Pesan Permohonan Dana
Sebelum menulis surat permohonan bantuan dana, yang perlu diperhatikan adalah kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, dengan cara memahami siapa pembaca, bahasa apa yang digunakan, apa manfaatnya, bagaimana latar belakangnya, dal lain – lain 

Empat hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan surat permohonan bantuan dana yakni :
Mampu menjelaskan kebutuhan secara spesifik
Menunjukkan kepada pembaca bahwa betapa pentingnya donasi ang disumbangkan kepada pihak lain.
Mengemukakan secara jelas berapa jumlah donasi yang dibutuhkan.
Menjelaskan manfaat atau kegunaan donasi yang telah diberikan pembaca.

1 komentar:

  1. terima kasih artikelnya ngebantu banget buat nulis makalah saya

    BalasHapus